19 Desember 2014

cara membuat pot semen paling evektif, cara membuat pot semen tanpa alat khusus dan cetakan,membuat pot praktis, tutorial membuat pot semen sederhana,berwira usaha membuat pot,trik membuat pot semen praktis tanpa cetakan, cara membuat pot murah

cara membuat pot dari semen paling mudah,,,

kali ini saya akan membagi trik membuat pot untuk tabulapot paling simpel,, ini memecah kebuntuan kita saat ingin membuat pot dari semen,, kita pasti ketika ingin membuat pasti slalu kepikiran dari mana ya bisa membeli alat cetakannya oh maybe it so hard,,, Tidak mulai sekarang katakan tidak pada cara2 lama yg sulit dan butuh alat2 khusus all must get smart solusion,,, saya terus berkarya dan ilmunya untauk saya bagikan ke rekan2 smua yg nantinya smoga ada yg sukses didapat dari ilmu saya, walaupun waktu saya sudah saya abdikan untuk negara tp disela2 jam istirahat saya saya gunakan utuk berbagi ilmu agar nentinya mungki bisa digunakan untuk sesama...

mari kita mulai menyiapkan alatnya

siapkan :

1. semen 
2. pasir yg sudah diayak
3. cetok,dan cangkul
4.ember air 
5.2 ember kecil
6. pot plastik yg ada di pasaran
7. kuas
8.oli bekas

cara pembuatan:

1. lumasi pot plastik dengan oli bekas sampai rata, 
2. campur beberapa genggam semen dengan air bikin adonan cair mendekati kental tuangkan perlahan-lahan adonan semen di satu sisi pot dan putar perlahan2 hingga rata,setelah rata langsung taburii adonan semen tipis yg sudah menempel pada dinding2 pot tersebut dengan semen kering sehingga adonan yg sudah menempel tersebut tidak  mlorot,,, 
3. setelah lapisan tersebut agak kenyal (hampir kering)tp blm sampai keras kira2 sejam.. sambil nunggu lapisan tersebut kenyal, bikin adonan lumpur  dengan perbandingan 3;1 yaitu 3 ember pasir dan satu ember semen aduk setelah diaduk tanpa air dan rata, tuangkan air  dan aduk sampai rata jangan terlalu encer biar mudah dibentuk dan cepat kering 
4. setelah adonan jadi mulailah membentuk dinding potnya, untuk tebalnya sesuaikan ukuran pot
5 cara membuat dindingnya tidak langsung serta merta langsung skali jadi, yaitu dengan cara bertahap,yaitu bikin dindingnya setengah dulu lalu kalau sudah agak malam/kenyal lanjutkan sampai selesai
6,setelah semua proses diatas slesai diamkan slama sehari setengah gan kalau pengen cepet skali proses langsung buat 2-3 pot kalo ukuran pot sedang gan,, soalnya ngaduk lumpurnya tdak nangung
7. setelah 1hari setengah pot mulai kering,,
8.bagai mana cara nglepasnya? itu smua orang psti kepikiran itu pas belum buat... memang pertama saya tidak bisa melepasnya dan saya belah jadi 2 tapi setelah datang ayah saya memberi smart solusion untuk melepasnya,yaitu balik pot tersebut dan beri ganjal di kedua sisinya setinggi 1cm bisa kramik atau lainya, lalu pukul perlahan2 di smua sisinya dengan sebatang kayu secara perlahann,,, dan jadilah pot semennya
ini hasilnya pot untuk tambulampot siap ditanami
 selamat mencoba, jangan di copas  hargai penulis blog ok :)

25 komentar:

  1. sy dah lama liat di youtube punya india tpi lom dicoba..

    BalasHapus
  2. iya gan bisa dicoba sapa tau berhasil

    BalasHapus
  3. Cara buat lobang di dasar Pot nya gimana Om?

    BalasHapus
  4. dikasih plapah bpisang gan..... maaf baru bales wifinya sulit....

    BalasHapus
  5. https://www.youtube.com/watch?v=tmyO1bNF9Gw

    BalasHapus
  6. Ini baru mau buat usaha pot gan,tp pinggiran atas ny d tambah propilan wlaupun dikit.biar klihatan agak manis.hehehe...

    BalasHapus
  7. bagus itu gan semakin banyak orang membuat pot dan menanam tumbuhan indonesia akan semakin hijau

    BalasHapus
  8. Terimakasih ini sangat berguna.

    BalasHapus
  9. mn lbh mudah mengeluarkanya dgn cetakan di balik sambil di pukul".sm cetakan yg di belah bos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga gampang kok pak kan nunggu kena paparan matahari pot plastiknya mengembang otomatis potnya terlepas sendiri

      Hapus
  10. Mantab ide ny gan

    Saya jd pengn cba

    :)

    BalasHapus
  11. Ide bagus, cm nambahin biar kuat mungkin bagus kl pakai kawat ya? Mengungat akar pohon kuat juga buat jebol pot.

    BalasHapus
  12. idenya bagus juga ya, saya coba dulu, siapa tau bisa jadi usaha.

    BalasHapus
  13. Saya kok gak bisa nglepasin pot dari cetakannya ya gan? Saya pukul2 saya balik tetep gk bergeming :(

    BalasHapus
  14. Jika ada yang minat sya bisa suplai oli bekas nya untk pelumas cetakan nya area Jabodetabek


    Hari
    089654045237

    BalasHapus
  15. Klw g pakek pasir gimana gan?

    BalasHapus